RPP ETIMOLOGI MULTIMEDIA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan          : SMK Negeri 2 Turen

Mata Pelajaran                 : Produktif

Kelas / Semester              : XII / 01

Kompetensi Keahlian      : Multimedia

Standar Kompetensi        : Memahami Etimologi Multimedia

Kompetensi Dasar           : Mendefinisikan dan mengkategorikan tentang multimedia

Alokasi Waktu                : 4 X 45 Menit (2 kali pertemuan)

  1. I. INDIKATOR :
  1. Mendefinisikan multimedia menurut etimologi (berdasarkan kamus/ensiklopedi).
  2. Mendefinisikan multimedia menurut terminologi Teknologi Informasi dan Komunikasi (peristilahan di bidang komputer).
  1. II. TUJUAN :
  1. Siswa dapat menjelaskan multimedia menurut etimologi (kamus/ensiklopedia).
  2. Siswa dapat menjelaskan multimedia menurut terminologi teknologi informasi dan komunikasi.

III. MATERI POKOK :

  1. Istilah multimedia menurut etimologi bahasa.
  2. Istilah multimedia menurut terminologi ICT.

IV. METODE PEMBELAJARAN:

  1. Ceramah.
  2. Penugasan.
  3. Presentasi.
  4. Praktek di bengkel.
  5. Portofolio.
  1. V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Awal

–          Penjelasan definisi multimedia menurut etimologi (berdasarkan kamus/ensiklopedi)

–          Penejlasan definisi multimedia menurut terminologi Teknologi Informasi dan Komunikasi (peristilahan di bidang komputer) secara tepat.

–          Penjelasan lingkup materi yang dipelajari

–          Pembagian kelompok

B. Kegiatan Inti

–          Pemberian tugas kelompok

–          Ringkasan konsep materi oleh masing-masing kelompok

–          Pengerjaan tugas kelompok

–          Presentasi oleh masing-masing kelompok

–          Kelompok lain menyimak dan memberikan pertanyaan serta sanggahan apabila diperlukan

–          Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.

C. Kegiatan Akhir

–          Guru membimbing siswa untuk bersama-sama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.

–          Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur

VI. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR

  1. Alat/Bahan                    :   –     Alat tulis

–          Alat peraga : LCD.

  1. Sumber Belajar             :   –    Modul

–          Internet

–          Ensiklopedi

–          Kamus Bahasa Inggris

–          Kamus ICT

–          SKN Multimedia & Audio Visual 2004

VII.PENILAIAN

  1. Penilaian proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa
  2. Penilaian afektif/sikap/non-instruksional
  3. Tes praktek presentasi

Mengetahui,                                                                  Turen, 20 Juli 2010

Kepala SMK Negeri 2 Turen                                         Guru Pengajar

Drs. R.Didik Indratno MW, M.M Fathul Amin, S.T., M.Pd

NIP. 19600717 198703 1 012

MATERI

MULTIMEDIA : an overview

Definisi Multimedia

o Multi [latin] 􀃆 banyak; bermacam-macam

o Medium [latin] 􀃆 sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu;

o Medium [Amarican Heritage Electronic Dictionary, 1991] 􀃆 alat dan cara untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi

Multimedia : penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan text, graphics, audio, video dan animasi dengan menggunakan links dan tools yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, berinteraksi, membuat, dan berkomunikasi

Beberapa definisi multimedia :

o Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)

o Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)

o Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)

o Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)

o Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

o Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also refers to computer data storage devices, especially those used to store multimediantent (wikipedia.org).

DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA (MPC)

Menurut wikipedia.org:

• Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer multimedia dilakukan oleh “Multimedia PC Marketing Council”, sebuah kelompok kerja dari perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.

Kenapa CD-ROM?

• Karena dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.

Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry Association:

Pada tahun 1990 (Level 1):

– 16 MHz 386SX CPU

– 2MB RAM

– 30MB hard disk

– 256-color, 640 x 480 VGA video card

– 1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time

– Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-bit sound

– Windows 3.0 with Multimedia Extensions.

Pada tahun 1993 (Level 2):

– 25 MHz 486SX CPU

– 4 MB RAM

– 160 MB hard disk

– 16-bit color, 640×480 VGA video card

– 2X CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400ms seek time

– Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound

– Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1

Pada tahun 1996 (Level 3):

– 75 MHz Pentium CPU

– 8 MB RAM

– 540 MB hard disk

– Video system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15- bit color

– MPEG-1 hardware or software video playback

– 4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 250ms seek time

– Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound

– Windows 3.11

Pada tahun 200x ???

KOMPONEN MULTIMEDIA

• Cara mengkomunikasi informasi :

o Modalities (cara) : penglihatan, pendengaran, sentuhan

o Saluran komunikasi : percakapan, sound effects, music

o Medium : animasi + suara, gambar + teks

• 4 komponen utama multimedia :

1. Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan didengar oleh pemakai

2. Links, yang menghubungkan dengan informasi

3. Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan

4. Cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai

• Bila salahsatu komponen tidak ada 􀃆 disebut mixed media bukan multimedia

Mengapa multimedia penting ?

1. merupakan pemicu (triggers) 􀃆 pembaca memperoleh sesuatu yang ‘lebih’ dibandingkan topik yang dipelajari

2. Sangat efektif dalam penyampaian informasi; menurut Computer Technology Research (CTR) :

􀂃 Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat

􀂃 Orang mampu mengingat 30% yang didengar

􀂃 Orang mengingat 50% dari apa yang didengar, dilihat dan dilakukan

• Pemanfaatan multimedia :

1. Pendidikan 􀃆 tutorial, ensiklopedia (misal : microsoft encarta), instruksional)

2. Informasi 􀃆 pariwisata, museum, galeri seni

3. Hiburan 􀃆 games, seni, pertunjukan

4. Kedokteran 􀃆 x-ray scanner

5. Periklanan 􀃆 iklan televisi, bandara, kiosk, dll

• Multimedia mampu :

1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!

2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.

3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.

4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.

5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.

6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

• Keunggulan multimedia :

1. Menarik perhatian 􀃆 karena manusia memiliki keterbatasan daya ingat

2. Media alternatif dalam penyampaian pesan 􀃆 diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi

3. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi

4. Interaktif

• Kelemahan multimedia :

1. Design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan 􀃆 pesan tidak tersampaikan dengan baik

2. Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas / cacat / disable

3. Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai

Media (berdasar ISO93a) diklasifikasikan menjadi beberapa kriteria:

1. Perception Medium

• Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya

• “Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?” 􀃆 Persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran

• Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”

• Aspek pada perception medium :

1. Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung dalam presentasi secara nyata

􀂃 Kertas, layar

􀂃 Slide show, power point

2. Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi

􀂃 Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal: suhu, rasa, bau

􀂃 Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh

3. Aspek Representation Dimension

􀂃 Ruang (space)

􀂃 Waktu (time) :

• time independent, discreet (text, grafis)

• time dependent , continuous media (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)

2. Representation Medium

• Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer

• “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” 􀃆 Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :

– Text : ASCII dan EBCDIC

– Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext

– Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi linier 16 bit

– Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG

– Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer standard (MPEG)

3. Presentation Medium

• Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output Informasi

• “Melalui media apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”

– Output : kertas, layar, speaker

– Input : keyboard, mouse, kamera, microphone

4. Storage Medium

• Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)

• “Dimanakah informasi akan disimpan?” 􀃆 microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard

5. Transmission Medium

• Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)

• “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” 􀃆 melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)

6. Information Exchange Medium

• Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi

• “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” 􀃆 direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum

SISTEM MULTIMEDIA

A multimedia system is any system which supports more than a single kind of media [AHD 1991].

Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?

1. Kombinasi Media

• Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.

2. Independence

• Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah.

3. Computer-supported Integration

• Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.

Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:

1. Sistem Multimedia Stand Alone

Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.

2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan

Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast

Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.

DATA STREAM

• Dalam sistem multimedia terdistribusi, data ditransmisikan (time dependent) dan terjadi pertukaran informasi

• Sistem digital 􀃆 Informasi dibagi menjadi beberapa unit (packets) 􀃆 Packet-packet dikirimkan

• Packet-packet diterima 􀃆 Packet-packet disusun ulang 􀃆 Informasi disajikan

Transmisi informasi dapat dikategorikan :

1. Berdasar mode transmisi

a. Aynschronous Trasmission Mode

– Komunikasi tanpa batas waktu. Packets mencapai penerima secepat mungkin

– Paket yang dikirm cepat karena tidak perlu adanya sinkronisasi

– Informasi untuk discrete media dapat ditransmisikan sebagai aynchronous data stream

– Contoh : transmisi e-mail

b. Synchronous Transmission Mode

– Terdapat batas waktu tunda maksimal untuk setiap packet dari suatu data stream

– Butuh sinkronisasi

– Penerima butuh buffer untuk menyimpan data sementara sambil menunggu paket lengkap

c. Isochronous Transmission Mode

– Terdapat batas waktu tunda maksimal dan minimal

– Melakukan garansi paket diterima dengan baik

– Client memberikan informasi kepada server tentang statusnya

– Membutuhkan buffer yang sangat besar

2. Berdasar periode streaming

a. Strongly Periodic Stream

– Interval waktu antara dua packet yang berurutan tetap

– Contoh : PCM coded

b. Weakly Periodic Stream

– Interval waktu antara dua packet yang berurutan dapat dideskripsikan dengan fungsi periodik

c. Aperiodic Stream

– Interval waktu tidak beraturan

3. Berdasar ukuran packet

a. Strongly Regular Stream

– Ukuran packet konstan

– Contoh : uncompressed audio/video stream

b. Weakly Regular Stream

– Ukuran packet data berubah secara periodik

– Contoh : MPEG

c. Irregular Data Stream

– Ukuran packet data tidak tentu

Distribusi multimedia :

1. Offline :

􀂃 Installation / kiosk 􀃆 dengan hardware tertentu

􀂃 CDROM / software download 􀃆 multiple hardware

2. Online :

􀂃 Komunikasi melalui jaringan komputer

􀂃 Dibutuhkan plug-in

􀂃 Dimungkinkan terjadi interaksi, feedback

Bentuk-bentuk presentasi multimedia :

1. Card-based / page-based

􀂃 Dirancang menyerupai halaman-halaman buku / majalah; dengan elemen-elemen teks, images, video, dan suara

􀂃 Terdapat links antar halaman 􀃆 hypermedia

􀂃 Contoh : HyperCard, ToolBook, WWW / HTML

2. Event-based

􀂃 Presentasi dikendalikan berdasar kejadian (event-driven), misalnya dengan menekan suatu tombol kemudian sistem akan merespon (actions)

􀂃 Diperlukan script dan authoring tools

3. Time-based

􀂃 Presentasi berjalan berdasar waktu yang telah ditentukan, semacam slide show

􀂃 Ciri khas : presentasi berjalan urut, paralel, dan sinkronisasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan          : SMK Negeri 2 Turen

Mata Pelajaran                 : Produktif

Kelas / Semester              : XII / 01

Kompetensi Keahlian      : Multimedia

Standar Kompetensi        : Memahami Etimologi Multimedia

Kompetensi Dasar           : Mengidentifikasi multimedia content production

Alokasi Waktu                : 8 X 45 Menit (4 kali pertemuan)

  1. I. INDIKATOR :
  1. Mengkategorikan multimedia menjadi 2 definisi turunan berdasarkan mediumnya.
  2. Mendefinisikan multimedia Content Production.
  1. Mengidentifikasi 5 dari 7 produk multimedia.
  1. II. TUJUAN :
  1. Siswa dapat mengkategorikan multimedia content production, dan multimedia communication.
  2. Siswa dapat mendefinisikan produksi konten multimedia (multimedia content production).
  1. Siswa dapat mengidentifikasikan 7 produk konten multimedia: Media teks, Media audio, Media video, Media animasi, Media grafis/citra, Media interaktif,  Media efek khusus.

III. MATERI POKOK :

–          Produksi konten multimedia (multimedia content production).

IV. METODE PEMBELAJARAN:

  1. Ceramah.
  2. Penugasan.
  3. Presentasi.
  4. Praktek di bengkel.
  5. Portofolio.
  1. V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Awal

–          Menjelaskan kategori multimedia menjadi 2 definisi turunan berdasarkan mediumnya.

–          Menjelaskan multimedia Content Production.

–          Menjelaskan 5 dari 7 produk multimedia dapat diidentifikasi dan dijelaskan manfaatnya

B. Kegiatan Inti

–          Pemberian tugas kelompok.

–          Ringkasan konsep materi oleh masing-masing kelompok.

–          Pengerjaan tugas kelompok.

–          Presentasi oleh masing-masing kelompok.

–          Kelompok lain menyimak dan memberikan pertanyaan serta sanggahan apabila diperlukan

–          Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.

C. Kegiatan Akhir

–          Guru membimbing siswa untuk bersama-sama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.

–          Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur.

VI. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR

–         Alat/Bahan        :   –     Alat tulis

–          Alat peraga : LCD.

–         Sumber Belajar  :   –    SKN Multimedia Audio Visual 2004

–          Internet

VI I. PENILAIAN

  1. Penilaian proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa.
  2. Penilaian afektif/sikap/non-instruksional.
  3. Tes praktek.

Mengetahui,                                                                  Turen, 20 Juli 2010

Kepala SMK Negeri 2 Turen                                         Guru Pengajar

Drs. R.Didik Indratno MW, M.M Fathul Amin, S.T., M.Pd

NIP. 19600717 198703 1 012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan          : SMK Negeri 2 Turen

Mata Pelajaran                 : Produktif

Kelas / Semester              : XII / 01

Kompetensi Keahlian      : Multimedia

Standar Kompetensi        : Memahami Etimologi Multimedia

Kompetensi Dasar           : Mengidentifikasi multimedia communication

Alokasi Waktu                : 8 X 45 Menit (4 kali pertemuan)

  1. I. INDIKATOR :
  1. Mendefinisikan Multimedia Communication.
  2. Mendefinisikan 7 dari 9 media yang memproduksi dan mendistribusi produk multimedia.
  1. II. TUJUAN :
  1. Siswa dapat mendefinisikan komunikasi multimedia (multimedia communication)
  2. Siswa dapat mengidentifikasikan 9 media yang memproduksi produk multimedia: TV, Radio, Film, Cetak, Musik, Game, Entertainment, Tutorial,ICT (Internet)

III. MATERI POKOK :

  1. Komunikasi multimedia (multimedia communication).

IV. METODE PEMBELAJARAN:

  1. Ceramah
  2. Penugasan
  3. Presentasi
  4. Praktek di bengkel
  5. Portofolio
  1. V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Awal

–          Penjelasan definisi Multimedia Communication).

–          Penjelasan 7 dari 9 media yang memproduksi dan mendistribusi produk multimedia.

–          Penjelasan lingkup materi yang dipelajari

–          Pembagian kelompok

B. Kegiatan Inti

–          Pemberian tugas kelompok.

–          Ringkasan konsep materi oleh masing-masing kelompok.

–          Pengerjaan tugas kelompok.

–          Presentasi oleh masing-masing kelompok.

–          Kelompok lain menyimak dan memberikan pertanyaan serta sanggahan apabila diperlukan

–          Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.

C. Kegiatan Akhir

–          Guru membimbing siswa untuk bersama-sama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.

–          Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur

VI. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR

  1. Alat/Bahan                    :   –     Alat tulis

–          Alat peraga : LCD.

  1. Sumber Belajar             :   –    SKN Multimedia Audio Visual 2004

–          Internet

VI I. PENILAIAN

  1. Penilaian proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa.
  2. Penilaian afektif/sikap/non-instruksional.
  3. Tes praktek.

Mengetahui,                                                                  Turen, 20 Juli 2010

Kepala SMK Negeri 2 Turen                                         Guru Pengajar

Drs. R.Didik Indratno MW, M.M Fathul Amin, S.T., M.Pd

NIP. 19600717 198703 1 012

FORMAT PENILAIAN DISKUSI

NO KELOMPOK INDIKATOR SKOR

(1,2,3,4)

BOBOT B x S
1 2 3 4

Skor     : 1 = kurang, 2 = cukup, 3 = baik, 4 = sangat baik

Bobot  : 1 = 20, 2 = 25, 3 = 30, 4 = 25

Keterangan:

Kriteria no.1 (Kerjasama anggota kelompok)

Skor Rubrik
4 Semua anggota kelompok saling bekerjasama
3 Sebagian besar anggota kelompok saling bekerjasama
2 Sebagian kecil anggota kelompok saling bekerjasama
1 Anggota kelompok tidak saling bekerjasama

Kriteria no.2 (Pembagian tugas)

Skor Rubrik
4 Semua anggota kelompok mendapat tugas masing-masing
3 Sebagian besar anggota kelompok menerima tugas
2 Sebagian kecil anggota kelompok menerima tugas
1 Pembagian tugas tidak merata

Kriteria no.3 (Interaksi dan argumentasi dalam membahas masalah)

Skor Rubrik
4 Semua anggota kelompok saling komunikasi dalam memecahkan masalah
3 Sebagian besar anggota kelompok saling komunikasi dalam memecahkan masalah
2 Sebagian kecil anggota kelompok saling komunikasi dalam memecahkan masalah
1 Anggota kelompok tidak ada komunikasi dalam memecahkan masalah

Kriteria no.4 (Manajemen waktu)

Skor Rubrik
4 Waktu memecahkan masalah sesuai yang telah ditentukan
3 Waktu memecahkan masalah lebih 5 menit dari waktu yang sudah ditentukan
2 Waktu memecahkan masalah lebih 10 menit dari waktu yang sudah ditentukan
1 Waktu memecahkan masalah lebih 15 menit dari waktu yang sudah ditentukan

FORMAT PRESENTASI HASIL DISKUSI

NO KELOMPOK INDIKATOR SKOR

(1,2,3,4)

BOBOT B x S
1 2 3

Skor: 1 = kurang, 2 = cukup, 3 = baik, 4 = sangat baik

Bobot: 1 = 20, 2 = 70, 3 = 10

Keterangan:

Kriteria no.1 (Sistematika paparan)

Skor Rubrik
4 Dipaparkan dengan jelas dan rapi
3 Dipaparkan dengan jelas tetapi tidak rapi
2 Dipaparkan kurang jelas dan tidak rapi
1 Dipaparkan tidak jelas dan tidak rapi

Kriteria no.2 (Kemampuan menjawab pertanyaan)

Skor Rubrik
4 Semua pertanyaan dijawab dengan jelas dan tepat
3 Semua pertanyaan dijawab tetapi tidak jelas dan tepat
2 Ada satu pertanyaan yang jawabannya kurang jelas dan tepat
1 Hampir semua pertanyaan tidak dijawab

Kriteria no.3 (Manajemen waktu)

Skor Rubrik
4 Pengaturan waktu dan pelaksanaannya sesuai jadwal
3 Pengaturan waktu sesuai jadwal tetapi pelaksanaannya tidak sesuai jadwal
2 Pengaturan waktu tidak sesuai jadwal tetapi pelaksanaannya hampir sesuai jadwal
1 Pengaturan waktu dan pelaksanaannya tidak sesuai jadwal

FORMAT PENILAIAN LAPORAN TUGAS

NO NAMA SISWA INDIKATOR SKOR

(1,2,3,4)

BOBOT B x S
1 2 3 4
1.
2.
3.
4.
5.
6.

Skor: 1 = kurang, 2 = cukup, 3 = baik, 4 = sangat baik

Bobot: 1 = 15, 2 = 15, 3 = 30, 4 = 40

Keterangan:

Kriteria no.1 (Pengumpulan tepat waktu)

Skor Rubrik
4 Dikumpulkan pada tanggal dan waktu yang ditetapkan
3 Dikumpulkan pada tanggal yang sama tetapi tidak pada waktunya
2 Dikumpulkan tidak pada tanggal yang ditetapkan, lebih satu hari
1 Terlambat lebih dari 2 hari

Kriteria no.2 (Kesesuaian dengan tujuan)

Skor Rubrik
4 Sesuai dengan tujuan tugas yang diberikan
3 Sesuai dengan tujuan tugas tetapi ada sedikit bagian yang kurang tepat
2 Mengabaikan perintah dan tujuan
1 Tidak memperhatikan perintah dan tujuan tugas

Kriteria no.3 (Sistematika berpikir atau pemecahan masalah)

Skor Rubrik
4 Masalah diselesaikan secara sistematis, dirangkum dalam format yang mudah dibaca
3 Penyelesaian sistematis tetapi penyajian dalam format deskripsi
2 Kurang sistematis
1 Tidak sistematis

Kriteria no.4 (Hasil analisis dan pemecahan masalah)

Skor Rubrik
4 Hasil pembahasan benar, dibahasan sangat mendalam dan menyeluruh, dengan menampilkan ide dari penulis
3 Hasil pembahasan benar, pembahasan mendalam tetapi masih kurang lengkap dan tidak ada ide yang inovatif
2 Ada hasil bahasan tidak benar, pembahasan sangat dangkal dan tidak lengkap
1 Pembahasan salah dan tidak lengkap

5 responses

  1. Bos…bisa ga aq minta file rppnya…. trims…

  2. pak bisa minta rpp multimedianya

  3. pak mohon maaf mau minta rpp multimedia boleh gak ya

  4. One word “informative”, you broke down exactly what I have been looking for. Looking forward to reading more in the future.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: