Materi: Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi

MODUL 1

MACROMEDIA FLASH MX DAN ANIMASI KARTUN

 

Area Kerja Macromedia Flash MX

Area gambar di Flash MX terdiri atas enam bagian, yaitu Menu, Stage, Timeline, Toolbox, Panels, dan Properties.

Panels

Gambar 1.  Area Kerja Flash MX

  • Menu, berisi kumpulan instruksi atau perintah-perintah yang digunakan dalam Flash. Misalnya, klik menu File, Save berfungsi untuk menyimpan dokumen.
  • Stage adalah dokumen atau layar yang akan digunakan untuk meletakkan objek-objek dalam Flash.
  • Timeline berisi frame-frame yang berfungsi untuk mengkontrol objek yang akan dianimasikan.
  • Toolbox, berisi tool-tool yang berfungsi untuk membuat, menggambar, memilih dan memanipulasi objek atau isi yang terdapat di layar (stage) dan timeline.
  • Panels, berisi kontrol fungsi yang dipakai dalam Flash, yang berfungsi untuk mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dan objek atau animasi secara cepat dan mudah.
  • Properties, fungsinya sama dengan Panels, hanya saja Properties merupakan penggabungan atau penyederhanaan dari panel. Jadi, dapat lebih mempercepat dalam mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dan objek, animasi, frame dan komponen secara langsung.

Memanfaatkan Ruler, Grid Dan Guide

a. Menggunakan Ruler

Untuk memunculkannya klik View > Rulers.

Ruler ditampilkan disepanjang sisi kiri dan atas dokumen pada stage. Ketika Anda memindah satu atau sekelompok objek pada Stage, Flash akan menampilkan sebuah garis pada ruler untuk menunjukkan posisi elemen tersebut.

 

b. Menggunakan Grid

Grid tampil pada dokumen sebagai serangkaian garis di belakang bidang kerja pada semua scene. Klik menu View > Grid , pilih ShowGrid. Grid ini membantu desainer dalam penempatan objek dalam scene, objek-objek yang ada juga dapat terkunci pada grid sehingga membantu Anda menempatkan sebuah objek pada lokasi tertentu. Caranya  klik menu View > Grid, pilih Snap to Grid.

c. Menggunakan Guide

Guide (garis pandu) berguna membantu dalam menggambar dan menyusun penempatan objek-objek pada Stage dengan presisi tinggi. Klik menu View > Guides, pilih menu Show Guides. Flash MX juga dapat memaksa semua objek yang Anda geser atau Anda buat menjadi lengket pada guide yang terdekat bila Anda mengaktifkan efek snap to guide. Bila Anda mematikan / menonaktifkan efek snap to guide maka Flash MX tidak lagi melakukan “pemaksaan”. Klik menu View> Guides, pilih menu Snap to Guides.

 

Membuat Dokumen Baru

Dokumen Flash disimpan dalam file dengan ektensi .FLA dan sebelum bekerja dengan flash sebaiknya mengatur ukuran, frame rate, warna latar belakang, dan properti-properti lainnya untuk dokumen baru tersebut, gunakanlah kotak dialog Document Properties.

Untuk membuat dokumen baru sekaligus mengatur propertinya:

1.   Klik File > New,   klik menu Modify > Document

2.   Kotak dialog Document Properties akan muncul, lalu lakukan setting pada pilihan-pilihan berikut ini:

Ukuran Stage dalam satuan pixel, di dalam kotak teks masukkan nilai Width (lebar) dan Height (tinggi). Ukuran default 550x 400 pixels; sedang ukuran minimum adalah 1 x 1, dan ukuran maksimum adalah 2880 x 2880 pixels.
Tombol Contents berguna mengatur ukuran Stage sehingga ruang di semua sisi menjadi sama.
Pada Frame Rate, ketik angka frame animasi yang akan ditampilkan setiap detik. Untuk nilai default adalah 12 fps (frame per second)

Untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan oleh Flash MX:

1.   Klik menu File > New from Template.

2.   Pilih daftar kategori pada kotak kategory list di dalam kotak dialog new document, lalu klik dokumen yang Anda inginkan.

3.   Klik OK.

Menyimpan Dokumen Flash MX

Lakukan salah satu langkah berikut:

•     Klik menu File > Save, untuk menyimpan dokumen yang sedang Anda kerjakan.

•     Klik menu File > Save As, untuk menyimpan dokumen yang sedang Anda buka ke lokasi lain atau ke nama file yang lain.

Untuk menyimpan dokumen ke dalam format Flash :

1.   Klik menu File> Save As.

2.   Ketik nama file dan tentukan lokasi penyimpanan file.

3.   Pilih Flash Document dari menu pop-up Format.Flash MX akan memberi peringatan jikamovie mengandung content yang tidak bisa disimpan ke dalam format Flash MX.

4.   KIik Save.

MODUL 2

DRAWING & PAINTING

 

Untuk membuat objek gambar pada Flash dapat dilakukan dengan dua cara yakni objek yang dibuat oleh Flash sendiri dan objek yang dapat diimpor dari luar. Untuk objek yang dibuat melalui Flash menggunakan tool gambar dasar seperti Line, Oval, dan kotak

Tool Gambar dan Warna

Dalam kotak Toolbox terdapat berbagai perangkat yang berfungsi menggambar, memberi warna, memilih dan memodifikasi objek. Penjelasan masing-masing perangkat adalah sebagai berikut:

Perangkat Fungsi
Arrow untuk memilih Objek
Brush berfungsi seperti kuas untuk mencat suatu objek
Free Transform untuk mengubah dan memodifikasi bentuk objek, bisa berupa pembesaran/pengecilan ukuran objek, pemutaran objek, dan lain-lain
Fill Transform untuk mengatur ukuran, tengah, arah dan warna gradasi atau bidang.
Ink Bottle untuk menambah, memberi dan mengubah warna pada objek.
Subselect untuk memilih titik-titik pada suatu objek atau garis.
Line untuk membuat garis.
Lasso untuk memilih sebagian dari objek atau bagian tertentu dan objek.
Pen untuk menggambar garis-garis lurus maupun garis kurva.
Text untuk menulis teks.
Oval untuk membuat lingkaran atau bulat.
Rectangle untuk membuat persegi atau kotak.
Pencil untuk menggambar garis-garis bebas dari bentuk seperti yang dilakukan oleh pensil biasa.garis di pinggir objek (stroke).
Paint Bucket untuk menambah, memberi dan mengubah warna pada suatu bidang (fill).
Eyedropper untuk mengidentifikasikan warna atau garis dalam sebuah objek.
Eraser untuk menghapus area yang tidak diinginkan dari objek.

Dasar Drawing

Belajar menggambar menggunakan Flash MX adalah sangat mudah karena tersedia banyak tool-tool menggambar yang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Dalam workshop ini kita akan menggunakan lebih banyak tool gambar rectangle dan cycle.

1.      Buka Macromedia Flash MX pada komputer anda.

2.      Pada bagian layer, ubah nama layer menjadi “bg”

3.       Kemudian ambil gambar dari CD dengan cara File > Import (lalu pilih d:/source/scary.gif)

4.      Buat layer baru lagi (Insert > Layer) dan ubah namanya menjadi “gbr_utama”

5.      Untuk mempermudah agar “bg” tidak terpilih sewaktu menggambar, kunci layer dengan mengklik icon kunci di layer.

6.      Kemudian dilakukan proses menggambar dengan mengklik “rectangle tools”, pada  bagian color fill ubah menjadi No Color. Letakkan gambar kotak  pada posisi kepala.

7.      Untuk memulai merapikan gambar klik “Arrow Tools” dan arahkan pada posisi tengah pada garis bagian atas kotak. Untuk memudahkan proses gambar tekan icon “show layer as outline”. Untuk membuat sudut-sudut gambar tekan Ctrl lalu drag untuk membentuk sudut-sudut rambut, lihat gambar di bawah ini:

8.      Masih menggunakan Arrow, rapikan garis-garis yang kita buat tadi tetapi jangan menekan tombol Ctrl agar garis yang pilih akan melengkung untuk mempercantik hasil gambar.

9.      Lakukah hal yang sama untuk menggambar bagian tubuh lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PAINTING

Dalam kegiatan mewarnai digunakan beberapa tool yakni Paint bucket tool (K) untuk mewarnai isi dari shape, Ink Bottle tool (S) untuk membuat stroke atau sisi luar dari shape, dan Fill transform Tool (F) untuk mengatur pewarnaan gradasi dalam shape.

 

 

 

 

 

 

Mewarnai rambut (ikuti arahan instruktur)

1.       Pada panel Mixer ubah menjadi linier dan cmapur dua warna yaitu oranye dan hijau.

2.       Klik “Paint bucked tools” dan warnai pada bagian rambut lihat gambar.

3.       Klik “Fill transform tools” dan edit warna rambut hingga campuran dua warna lebih matang dan terlihat seperti gambar dibawah ini:


Mewarnai Kulit dan Baju

1.       Sekarang kita akan menggambar kulit kartun, arahkan mouse ke  panel mixer ubah warna gabungannya menjadi coklat muda dengan warna lebih muda menyerupai kulit manusia.

2.       Klik “Paint bucked tools” dan beri warna pada wajah dan kulit yang lainnya lihat gambar di bawah ini:

3.      Lakukan hal yang sama pada bagian baju kemudian klik “fill transform tools” dan edit warna kulit, baju hingga terlihat seperti gambar dibawah ini


Penggunaan Color Mixer & Color Swatches

Dalam mewarnai objek, panel Color Mixer ini sangat penting sekali digunakan karena membuat pewarnaan objek lebih baik. Untuk menggabungkan beberapa warna menjadi tergabung dalam satu group misalkan Biru dan Merah, kita menggunakan swatch.

Untuk membuat swatch lakukan hal ini:

1. Klik Fill Color lalu pilih swatch yang Anda inginkan.

2. Setelah terpilih Anda bisa memilih paduan warna untuk setiap swatch.

3. Jika anda sudah yakin simpan dengan cara klik icon disebelah kanan atas color mixer lalu pilih Add Swatch. Paduan warna yang sudah dibuat akan tersimpan dalam kotak warna Flash MX.

Bekerja dengan Shapes

Dalam membuat objek (shapes) Macromedia flash MX menyediakan dua bagian objek yakni stroke dan fill. Stroke adalah bagian luar yang mengeliling fill, dan dapat dipisahkan dengan menggunakan tool arrow.

Stroke color

Fill Color

Beberapa teknik yang sering digunakan dalam membuat animasi:

Modify > Shape > convert line to fill

Berguna untuk merubah garis menjadi fill dan menjadikan garis bisa dipertebal maupun dipertipis sesuai objek gambar. Fungsi ini banyak digunakan untuk membuat efek bayangan maupun efek 3 Dimensi.

Modify > Shape > Expand Fill

Berguna memperbesar ataupun memperkecil objek menggunakan perintah yang tersedia sehingga ukuran yang diinginkan lebih akurat. Pada kotak dialog yang muncul pilih Distance (ukuran dalam pixel yang dipilih), Expand (untuk memperlebar shapes) dan Inset (untuk memperkecil shapes)

Modify > Shape > Soften  Fill Edges

Berguna memperhalus atau membuat efek blur disekitar shapes. Pada kotak dialog yang muncul pilih Distance (ukuran dalam pixel yang dipilih), Number of steps (untuk membuat berapa banyak efek kurva yang diinginkan dibuat), Expand (untuk memperlebar shapes) dan Inset (untuk memperkecil shapes)

Mengambar Bayangan

1.        Buat layer baru (Insert > Layer) beri nama layer menjadi “bayangan” dan letakkan di bawah layer “tubuh”.

2.        Seleksi seluruh gambar rambut dan tubuh setelah terseleksi seluruhnya klik kanan dan copy.

3.        Klik layer “bayangan” kemudian klik kanan pada stage pilih “paste in place” kemudian pilih “Paint Bucket tools” dan pilih warna fill dengan warna hitam. Lihat gambar disamping ini:

Membuat Background

1.       Ubah warna stage menjadi hitam dari panel properties

2.       Buat layer baru di bawah layer bayangan dan beri nama “background”.

3.       Klik Oval Tools, gambar bulatan dengan ukuran lebih besar dari gambar kartun atau lihat gambar ini:

4.       Seleksi lingkaran yang baru kita buat dan klik Modify > Shape > Soften Fill Edges, akan muncul kotak dialog baru seperti yang terlihat pada gambar. Isi distanced : 50 px dan Number of steps: 5 dan klik OK.

 

 

 

 

 


MODUL 3

MEMBUAT ANIMASI

Terdapat dua metode yang digunakan untuk membuat animasi di Flash yakni tweened animation dan frame-by-frame animation. Dengan tweened animation, kita membuat frame awal animasi dan frame akhir animasi dan flash membuat sendiri animasi antar frame. Sedangkan animasi frame by frame membuat animasi dengan cara membuat gerakan satu persatu  di setiap framenya..

MEMBUAT ANIMASI KARTUN

Dalam workshop ini kita akan membuat beberapa gerakan-gerakan dasar tokoh kartun, prinsip animasi yang dibuat ini dapat dikembangkan untuk kebutuhan animasi yang lebih kompleks.


a.     Membuat animasi Mata

 

          

 

1.   Lakukan pemilihan pada gambar mata, lalu cut dan buat layer baru (Insert > Layer), ganti nama layer menjadi “mata”.

2.   Buat keyframe pada timeline “10” hapus gambar mata, buat garis melengkung seperti mata terpejam.

3.   Copy keyframe pada timeline “1”, dan letakkan di timeline “13”.

4.   Copy kembali keyframe pada timeline “10”, pastekan di timeline “20”. (posisi mata terpejam).

5.   Copykan kembali timeline “13” letakkan di di timeline “23”.

6.   Copykan kembali timeline “20” pastekan di timeline “30”.

7.   Copykan kembali timeline “23”, pastekan di timeline “33”

8.   Buat keyframe di time line “40”, lalu perbesar gambar mata, seolah-olah mata melebar. Pada keyframe di timeline “40” buat tweenmotion. Begitu juga di antara 33-40 buat tweenmotion.

b.    Membuat animasi Alis

 

     

 

 

1.      Lakukan pemilihan pada gambar alis, lalu cut dan buat layer baru (Insert > Layer), ganti nama layer menjadi “alis”. Klik paste untuk memunculkan gambar alis, atur penempatan alis.

2.      Buat keyframe pada timeline “10” atur alis agar mengikuti gerakan mata terpejam.

3.      Copy keyframe pada timeline “1”, dan letakkan di timeline “13”.

4.      Copy kembali keyframe pada timeline “10”, pastekan di timeline “20”. (alis mengikuti posisi mata terpejam).

5.      Copykan kembali timeline “13” letakkan di di timeline “23”.

6.      Copykan kembali timeline “20” pastekan di timeline “30”.

7.      Copykan kembali timeline “23”, pastekan di timeline “33”

8.      Buat keyframe di time line “40”, lalu buat gambar alis disesuaikan dengan mata yang membesar.

c. Membuat Animasi Rambut (Shape Tween)

Animasi yang akan diterapkan di rambut ini adalah rambut bergoyang-goyang dari sejak awal tokoh kartun dimunculkan.

1.      Pilih bagian rambut dari gambar kartun, lalu klik kanan dan pilih cut. Kemudian buat layer baru (Insert > Layer) dan ganti nama menjadi “rambut”.

2.      Buat keyframe pada timeline “5” lalu buat keyframe lagi pada timeline “10”, pada timeline ini ubah garis-garis rambut seperti efek memanjang, memendek, melengkung. Lalu buat efek “shape tween”, mulai dari timeline 5-10 diblok lalu klik kanan dan pilih “shape tween”.

3.      Lalu blok kembali timeline5-10, klik kanan pilih copy, dan paste-kan mulai dari timeline 11-105.


MODUL 4

MEMBUAT EFEK TEKS SCARY BOY

 

Membuat Judul Animasi

1.      Buat layer baru dan letakkan pada layer yang paling atas dan beri nama “teks”

2.      Klik “text tools” dan tuliskan pada stage tulisan “Scary Boy” dengan jenis font FatMarker.

3.      Klik teks dan pilih “Modify > Break Apart” (Ctrl+B) sebanyak 2x  dan beri warna seperti gambar di bawah ini (gunakan color mixer):

Membuat efek memiliki garis di sekeliling teks

1.      Copy tes tersebut dan buat layer baru di bawah layer teks kemudian klik kanan pada stage dan pilih “paste inplace”.

2.      Klik menu “Modify > Shape > Shoften Fill Edges” dan buat nilainya menjadi  seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

4.      Ubah warnanya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini dengan warna kuning dan hijau.

5.      Lakukan hal yang sama dan untuk latar belakangnya dengan warna  hijau muda dan merah dan untuk ukuran Distance 5 dan untuk Number of steps 1 lihat gambar dibawah ini

Membuat Efek Animasi

Membuat animasi teks pada animasi scary boy.

  1. Setelah tokoh kartun selesai dengan aksi ketakutannya, muncul teks dari atas menuju ke bawah gambar. (Muncul dengan ukuran besar kemudian menjadi normal dan ditempatkan di bagian bawah tokoh kartun).
  2. Pada layer “teks” di timeline “40” tempatkan teks di luar bagian atas stage, dengan ukuran besar.
  3. Buat keyframe pada timeline “55”, dan pindahkan teks ke bagian bawah dan di dalam stage, dan atur ukuran sesuai gambar tokoh kartun. Lalu klik kanan pilih “tween motion”. Buat juga di timeline 40-55, tween motion.
  4. Pada timeline “58” buat keyframe dan ubah ukuran teks menjadi diperbesar, dan buat juga tween motion.
  5. Pada timeline “60”, buat keyframe dan teks seperti timeline “55”. Buat tween motion.
  6. Pada timeline “63” buat keyframe dan ubah ukuran teks menjadi diperbesar, dan buat juga tween motion.
  7. Pada timeline “65”, buat keyframe dan teks seperti timeline “60”. Buat tween motion.
  8. Pada timeline “68”, buat keyframe dan teks diperbesar 1,5 x dari ukuran semula, kemudian buat tween motion lagi.
  9. Pada timeline “70”, buat keyframe dan teks diperbesar lagi dari ukuran sebelumnya, kemudian buat tween motion lagi.
  10. Kemudian akan muncul efek teks menghilang disertai dengan garis lurus dengan cahaya seperti warna teks. Pada timeline “73” buat keyframe lalu perkecil teks dengan ukuran seperti gambar berikut:

Membuat Efek Cahaya Teks

Efek ini dibuat agar muncul efek cahaya pada saat teks mengecil dan memanjang dan meneruskan efek teks di atas.

  1. Buat layer baru (insert > layer), dan beri nama “cahaya teks”, buat keyframe pada timeline”73” dan buat garis dengan warna sesuai warna campuran teks di atas.
  2. Buat keyframe pada timeline “78” lalu tarik garis yang dibuat makin memanjang lalu buat tween motion.
  3. Buat keyframe pada timeline “80” lalu buat garis pada frame 78 menghilang.


MODUL 5

MEMASUKAN SUARA

 

Setelah selesai membuat animasi, kita akan memasukkan suara sehingga kartun kita kelihatan lebih hidup. Suara dan musik yang ingin dimasukkan dalam workshop ini sudah disediakan terlebih dahulu di dalam folder kerja anda.

Memasukkan suara

  1. Buat layer baru dan letakkan dipaling atas beri nama “sound”.
  2. Klik file > import > pilih file suara yaitu sound_01 >OK.
  3. Klik keyframe 1 pada layer sound dan ubah pada bagian sound yang berada pada panel properties menjadi Sound_01, lihat gambar di bawah ini:

Mengedit suara

Untuk langkah di atas kita melakukan impor suara dan suara yang dihasilkan terlalu panjang, untuk memotong suara flash dapat melakukannya seperti di bawah ini:

  1. Klik keyframe satu pada layer Sound dan lihat pada properties di bagian efek, lalu  klik edit, kotak dialog akan muncul. Lalu edit suara yang anda inginkan.

2.      Jika suara sudah selesai diedit klik OK

 

Memasukkan Suara 2

  1. Buat layer baru di atas layer “Sound” dan beri nama “Sound2” buat keyframe pada frame 105.
  2. Import suara File > import > Sound_02
  3. Klik keyframe 105 pada layer sound_2 dan pada panel properties pada bagian sound pilih Sound_02

Sumber:

IlmuKomputer.Com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: