RPP K-13 PRAKARYA REKAYASA KLS X KD32 43

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SatuanPendidikan : SMKN 2 Turen Kab. Malang
Mata Pelajaran : Prakarya dan kewirausahaan (Rekayaasa)
Kelas/Semester : X/1
AlokasiWaktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Inti

KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4: Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. KompetensiDasar
1.1 Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Rabb
2.1 Menunjukkan motivasi internal danpeduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya
2.2 Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha.
2.3 Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha
3.2 Mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi karya rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC.

Indikator Pencapaian Kompetensi:
3.2.1 Pengelelolaan sumberdaya usaha dikenal dengan istilah 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja) dan Market (pasar).
3.2.2 Identifikasi kebutuhan sumberdaya pada usaha rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC
4.3 Membuat karya rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya sesuai teknik dan prosedur

Indikator Pencapaian Kompetensi:
4.3.1. Praktek rekayasa sebagai alat komunikasi (Televisi, handphone, bel listrik) sederhana dengan sumber arus listrik DC berdasarkan kebutuhan sumberdaya (bahan, peralatan, keterampilan bekerja & pasar) dan prosedur yang ditetapkannya (jenis, manfaat, teknik rekayasa, dan pengemasan)
4.3.2 Standar produk dan proses kerja
4.3.3 Penerapan keselamatan kerja

C. Materi Pembelajaran
1. Sumberdaya usaharekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC , meliputi:
2. Pengelelolaan sumberdaya usaha dikenal dengan istilah 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja) dan Market (pasar).
3. Identifikasi kebutuhan sumberdaya pada usaha rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC
4. Praktek rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC berdasarkan kebutuhan sumberdaya (bahan, peralatan, keterampilan bekerja & pasar) dan prosedur yang ditetapkannya (jenis, manfaat, teknik rekayasa, dan pengemasan)
5. Standar produk dan proses kerja
6. Penerapan keselamatan kerja

D.Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan:Pendahuluan

Deskripsi Kegiatan:
Ketua kelas memimpin doa saat pembelajaran akan dimulai.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa baik kemampuan proses maupun kemampuan produk serta manfaatnya bagi karir siswa (motivasi).
Menjelaskan strategi pembelajaran yang digunakan.
Siswa diingatkan pada materi sebelumnya.
Memberikan Pre Test.

Alokasi Waktu : 10 menit

Kegiatan Inti:
Mengamati:
Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengertian dan kebutuhan sumberdaya usaharekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan motivasi internal.

Menanya:
Menggali informasi yang berkaitan dengan pengertian dan kebutuhan sumberdaya usaha rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC yang berkembang di daerah setempat sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
Melakukan diskusi tentang pengertian dan kebutuhan sumberdaya usaha rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC agar terbangun rasa ingin tahu sehingga bangga/cinta pada tanah air.
Melakukan konsultasi dengan guru dan sumber belajar lainnya dalam mempraktekan rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC sesuai dengan sumberdaya dan proses produksi

Mengumpulkan Data / Mencari informasi:
Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengertian dan kebutuhan sumberdaya usaha rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC yang ada di daerah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, motivasi internal, bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.
Mencatat dan menyusun standar produk dan standar proses kerja rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC

Mengasosiasi / mengolah informasi
Menyimpulkan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengertian dan kebutuhan sumberdaya usaha rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC yang ada di lingkungan wilayah setempat atau nusantara.
Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengertian dan kebutuhan sumberdaya usaha rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC , yang ada di daerah setempat, dan pengemasannya dengan tampilan menarik sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual.
Membuat rancangan gagasan (desain) dalam bentuk gambar skets tertulis untuk kegiatanrekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC berdasarkan kesimpulan pengamatan/ kajian literatur, orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
Merekonstruksi kinerja rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC berdasarkan standar kerja dan standar hasil

Mengkomunikasikan
Menyusun bahan presentasi hasil rekayasa dan langkah kerja sesuai dengan standar proses dan fasilitas penunjang rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC .
Memaparkan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengertian dan kebutuhan sumberdaya usaha rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC di lingkungan wilayah setempat atau nusantara.
Mempresentasikan dengan tujuan untuk mengevaluasi/menguji hasil praktek rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
Memasarkan hasil praktek rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC dengan cara mempromosikan produknya atau menjualnya di lingkungan/kegiatan sekolah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan

Alokasi Waktu : 60 menit

Penutup
Siswa menanyakan hal-hal yang masih belum diphami.
Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang belum dipahami sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
Siswa menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.
Melaksakan evaluasi.
Guru menyampaikan materi untuk pertemuan selanjutnya.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
Alokasi Waktu : 60 menit

E. Penilaian
1. PenilaianSikap
a. RubrikPenilaianSikap

Keterangan:
Indikator Penilaian Sikap Disiplin
No Sikap yang diamati Melakukan Ya Tidak
1 Masuk kelas tepat waktu 0
2 Mengumpulkan tugas tepat waktu 1
3 Memakai seragam sesuai tata tertib 1
4 Mengerjakan tugas yang diberikan 1
5 Tertib dalam mengikuti pembelajaran 1
6 Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan1
7 Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran 1
8 Membawa buku teks mata pelajaran 0
Jumlah
Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Jawaban YA sebanyak 6, maka diperoleh skor 6, dan skor mak 8 maka skor akhir adalah :

Indikator Penilaian Sikap Jujur

No Aspek Pengamatan Skor: 1 2 3 4
1 Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
2 Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
3 Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
4 Melaporkan data atau informasi apa adanya
5 Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
Jumlah Skor

kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Indikator Penilaian Sikap Tanggung Jawab

No Aspek Pengamatan Skor 1 2 3 4
1 Melaksanakan tugas individu dengan baik
2 Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
3 Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
4 Mengembalikanbarang yang dipinjam
5 Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
Jumlah Skor

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Indikator Penilaian Sikap Santun

No Aspek Pengamatan Skor 1 2 3 4
1 Menghormati orang yang lebih tua
2 Mengucapkanterimakasihsetelahmenerimabantuan orang lain
3 Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat
4 Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
5 Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
Jumlah Skor

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

2. Penilaianpengetahuan
a. Kisi-kisi Soal Pengetahuan

Kompetensi Dasar:
3.2 Mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi karya rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Pengelelolaan sumberdaya usaha dikenal dengan istilah 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja) dan Market (pasar).
3.2.2 Identifikasi kebutuhan sumberdaya pada usaha rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC

Indikator Soal
3.2.1 Siswa dapat mengelelola sumberdaya usaha dikenal dengan istilah 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja) dan Market (pasar).;
3.2.2 Siswa dapat mengidentifikasi kebutuhan sumberdaya pada usaha rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC Identifikasi kebutuhan sumberdaya pada usaha rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC, pada penggunaan Raspberry Pi dalam penerapan komunikasi sederhana;

Teknik Penilaian
Tes tulis / uraian
Soal
3.1.1 Jelaskan pengelelola sumberdaya usaha dikenal dengan istilah 6M;
3.1.2 Bagaimana penggunaan Raspberry Pi dalam penerapan komunikasi sederhana;

Teknik Penilaian
Tes tulis / pilihan ganda
Soal
1. Bagaimana cara instalasi IP TV dengan menggunakan Raspberry Pi …………
a. Menyiapkan operating system windows
b. Menyiapkan operating sytem linux
c. Membuat jaringan komputer
d. Memasang antenna TV
e. Menyiapkan perangkat Raspberry dan perangkat penunjangnya

Jawaban: E

b. Rubrik Penilaian pengetahuan

Rumus KonversiNilai:

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai=x 4= ____
Jumlah skor maksimal
3. Penilaian Keterampilan

F. Media Pembelajaran
LCD, Laptop, BahanTayang (PPT).
G. SumberBelajar
BukuSiswa, Buku Guru, majalah, jurnal, internet.
Malang, 16 Juli 2014
Mengetahui
Kepala SMKN 2 Turen Kab. Malang, Guru Mata Pelajaran,

Drs. Suharto, M.Pd Fathul Amin, S.T,M.Pd
NIP. 1963070619871 01001 NIP. –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: